Rabu, 10 Oktober 2012

Metoda Penelitian

Apa itu Metodologi?
Untuk melakukan suatu riset tentu diperlukan adanya penyusunan metodologi terlebih dahulu. Metodologi adalah cara pendekatan terhadap keseluruhan proses dalam kajian penelitian. Perlu dibedakan antara metodologi dan metoda. Berbeda dengan metodologi, metoda adalah berbagai alat atau teknik yang digunakan untuk pengumpulan data atau analisa data. Metoda juga dapat diartikan sebagai teknik analisa yang digunakan untuk menentukan solusi dari permasalahan yang dikaji dalam penelitian.


Apa itu Triangulasi?
Ada kaitan antara metoda dan istilah triangulation. Triangulasi merupakan kombinasi beberapa metodologi untuk mengkaji suatu kondisi. Jika suatu riset yang mengamati suatu permasalahan yang sama dengan metoda yang berbeda dan dihasilkan kesimpulan yang sama maka riset tersebut dapat dianggap lebih valid dan reliable.


Lalu apa yang dimaksud dengan reliabilitas dan validitas?
Reliability/keandalan menunjukkan kredibilitas suatu hasil riset, apakah kesimpulan yang dihasilkan dalam riset sudah dilakukan dan diperiksa dengan cermat. Jika suatu riset dapat diulang dengan kondisi yang sama dan dihasilkan kesimpulan yang sama maka kesimpulan riset tersebut dapat dikatakan reliable. Validitas menunjukkan seberapa dekat atau seberapa akurat suatu kesimpulan riset menggambarkan permasalahan sesuai dengan kondisi nyatanya.

Kemudian berikut ini hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam menyusun metodologi penelitian.
  • Jenis penelitian, apakah kualitatif, kuantitaf, eksploratif, deskriptif, aplikatif, atau lainnya.
  • Ruang lingkup persoalan, dilakukan pada obyek amatan apa, dimana, pada kurun waktu atau periode berapa, dan sebagainya.
  • Variabel yang dikaji, variabel apa saja yang menjadi dasar pertimbangan dalam penelitian.
  • Teknik pengumpulan data atau informasi, menggunakan data primer atau sekunder, data dikumpulkan melalui observasi, survey, eksperimen, atau menggunakan data yang sudah tersedia (data sekunder).
  • Metoda analisa data/informasi, teknik pengolahan data dan analisa yang digunakan sesuai bidang kajian dalam penelitian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar